Senin, 10 Oktober 2011

7 Langkah Praktis Menuju Sehat



Foto: Iman
I ntip deh lemari dapur dan kulkas karena di sana ada banyak bahan yang bermanfaat bagi kesehatan buah hati tercinta.
IKAN Bikin CERDAS dan HINDARI STROKE
Siapa yang meragukan zat gizi yang dikandung ikan? Terutama kandungan Omega 3-nya yang dapat menangkal penyakit jantung, stroke dan migrain. Kandungan lemaknya pun dapat mengusir peradangan dan nyeri otot. Untuk anak-anak, Omega 3 jelas terbukti menambah daya tahan tubuh dan kecerdasan. Ikan air tawar ataupun air laut, sama bagusnya. Pilihlah yang segar dan berkualitas. Jangan ragu untuk menyediakan ikan sebagai menu sehari-hari!
YOGURT Cegah BAU MULUT
Selama ini mungkin kita hanya mengenal manfaat yogurt untuk pencernaan. Padahal, yogurt punya sejumlah keunggulan. Yogurt dapat menjadi senjata ampuh dalam memerangi bau mulut. Pasalnya, asupan yogurt secara rutin dapat memperbaiki kebersihan mulut, terutama dari bakteri yang melapisi permukaan lidah dan halitosis. Mereka yang rajin minum (yogurt lebih sedikit) memiliki hidrogen sulfida dan senyawa sulfida merugikan lainnya. Senyawa sulfida sangat berperan dalam menimbulkan bau mulut. Tak perlu membeli yogurt impor atau yang mahal. Produk lokal pun tak kalah dalam soal kualitas. Untuk yang berdiet atau menderita diabetes, pilihlah yogurt bebas gula.
Teh Hijau CEGAH Jantung Koroner
Mengonsumsi teh, khususnya teh hijau, banyak manfaatnya. Biarkan si kecil juga ikut mencicipi, setidaknya satu cangkir sehari. Sebuah penelitian mengungkapkan pembuluh darah balik besar (aorta) para responden yang gemar minum teh hijau, memiliki lapisan yang mencegah terjadinya penggumpalan darah. Kondisi ini menyebabkan menurunnya kemungkinan terjadinya serangan jantung koroner. Secara lengkap khasiat teh hijau antara lain:
Mencegah gigi berlubang
Teh hijau pun diakui ampuh mencegah gigi berlubang, lantaran mengandung fluoride  alami.
Melindungi dari diabetes
Polyphenol  dari teh hijau menghalangi amylase  sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah. Tingginya glukosa dan insulin dalam darah memungkinkan orang terkena diabetes.
Mencegah keracunan makanan
Karena teh hijau dikenal sebagai pembunuh bakteri, minum teh hijau dapat menurunkan risiko keracunan makanan akibat bakteri karena teh hijau dapat mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya seperti clostridia  danE. coli .
Meningkatkan kekebalan
Menurut sebuah penelitian di Jepang, berkumur dengan teh hijau dapat meningkatkan kekebalan dan terhindar dari influenza dan flu. Penelitian di Harvard University juga menujukkan bahwa kimiawi teh hijau dapat merangsang sel gammadelta T.  yang mendukung kekebalan terhadap bakteri dan virus.
Sekalipun memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa teh juga mengandung kafein. Jika dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti insomnia, kecemasan, dan ketidakteraturan detak jantung. Namun, kandungan kafein dalam teh masih tetap lebih rendah dibandingkan kopi atau minuman ringan bersoda.
 PEPAYA, JERUK, TOMAT dan JAMBU MERAH Kaya VITAMIN C
Sediakan selalu buah-buahan di kulkas. Tak perlu yang impor, buah lokal pun sama kandungan dan manfaatnya. Makan jeruk setidaknya 2 buah per hari dapat mencegah influenza, menurunkan kolesterol dan mengenyahkan batu ginjal. Jeruk juga dapat menurunkan risiko kanker usus.
Jambu merah dan pepaya adalah raja vitamin C. Selain itu, jambu merah juga kaya serat yang membuat keluarga Anda terhindar dari sembelit. Pepaya kaya juga dengan karoten, yang diyakini sangat baik untuk kesehatan mata. Tomat juga mempunyai kandungan karoten yang tinggi.
MADU Pengusir HIDUNG TERSUMBAT
Pesan dari nenek untuk selalu menyimpan madu di dapur, untuk memasak dan untuk P3K ternyata masih berlaku hingga sekarang. Madu punya segudang manfaat, seperti:
* Mengatasi Luka Bakar 
 Oleskan dengan rata di atas bagian yang terbakar. Madu akan mendinginkan, menghilangkan rasa sakit dan membantu dengan cepat kesembuhan tanpa korengan. Selain berfungsi sebagai salep dan antibiotika, bakteri tidak dapat hidup dalam madu.
*  Pengganti gula 
 Madu sarat dengan berbagai vitamin, mineral, asam amino dan sebagainya. Ganti semua penggunaan gula pasir dengan madu. Gula pasir kurang mengandung zat gizi lainnya selain kalori.
*  Hidung tersumbat 
 Taruh satu sendok makan madu dalam suatu baskom yang berisi air panas dan hirup uapnya setelah menutup kepala dengan handuk di atas baskom.
*  Migrain (sakit kepala) 
 Larutkan satu sendok makan madu dalam setengah gelas air hangat. Isaplah sedikit demi sedikit pada saat awal serangan migrain. Jika perlu ulangi tiap 20 menit sekali.
*  Obat batuk dan pereda gatal tenggorokan 
 6 ons cairan madu, 2 ons glycerin , 2 buah jeruk lemon yang sudah dijus dicampur rata. Masukkan dalam botol dan tutup rapat. Gunakan secukupnya.
ASMA? MAKANLAH BAWANG PUTIH!
Bawang putih terdiri ata aneka komponen dengan berbagai khasiat antara lain menurunkan kadar kolesterol darah, menghambat agregasi trombosit, meningkatkan aktivitas fibrinolitik, menghambat atherogenesis dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Beberapa penelitian juga menunjukkan peranan bawang putih sebagai antioksidan maupun efek antikanker. Jika ibu memasak, perbanyaklah penggunaan bawang putih untuk pengganti bumbu instan.
JUS JERUK PENGUSIR ANYANG-ANYANGAN
Untuk mengatasi anyang-anyangan, disarankan banyak minum. Selain itu, buatlah jus dari 4 buah jeruk nipis, yang dicampur dengan sedikit air, untuk mempercepat penyembuhannya. Mengapa jeruk nipis? Karena asam yang tinggi dapat membunuh bakteri pada kandung kemih.
Buang air kecil pun menjadi lancar. Bila terlalu asam, tambahkan sedikit madu di dalam jus tersebut.
Santi Hartono. Nova Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar