Jumat, 03 Mei 2013

Cara Menurunkan Kolesterol


Kolesterol adalah senyawa bertekstur lembek dan terdapat diantara lemak dalam aliran darah dan semua sel tubuh. Ada dua jenis koleserol yang kita kenal, yakni Low density lipoprotein (LDL)- disebut juga kolesterol jahat, dan High-density lipoprotein (HDL)-disebut juga kolesterol baik.
Selain itu ada juga trigliserida sejenis lemak. Tingginya kadar trigliserida dalam tbuh sering diikuti pula oleh tingginya kadar kolesterol total, tingginya kadar LDL dan rendahnya HDL. Kolesterol bisa dihasilkan tubuh dan dari luar tubuh. yan dari luar tubuh yang berasal dari makanan yang terbuat dari hewan. Misalnya telur dan daging. Waspadai juga lemak jenuh dan lemak trans. Sejauh pemasukkan seimbang dengan kebutuhan, tubuh akan tetap sehat. Sayangnya yang sering terjadi tidaklah seperti itu. Pola makan berantakan plus kurangnya olahraga fisik berujung pada makin banyaknya penderita total kolesterol tinggisekarang.
Untunglah inovasi demi inovasi terus dikembangkan para nutrisi. Yang terbaru adalah Plant Stanol Ester (PSE). PSE memiliki struktur seperti kolesterol sehingga dapat menghambat penyerapan kolesterol di saluran cerna dan menurunkan kadar kolesterol didalam darah. Kurang lebih seperti ini cara kerjanya. PSE menggantikan posisi kolesterol didalam micell, kolesterol tersisa akan dibuang. Lalu kolesterol dan PSE yang terikat di dalam micell akan diserap tubuh. PSE akan mengaktifkan protein khusus untuk membuang sebagian kolesterol yang terserap sehingga kolesterol yang terserap semakin sedikit.

Tips Menurunkan Kolesterol

Mereka yang mengalami gejala kolesterol tinggi pastinya akan menimbulkan gejala seperti pegal pada bagian tengkuk leher belakang, migrain (sakit kepala sebelah), kesemutan dan persendian terasa nyeri dan sakit. setelah mengetahui dan merasakan gejala kolesterol, maka kita perlu mencegah, menurunkan dan menstabilkan kembali kadar kolesterol dalam posisi normal.
Cara terbaik dalam menurunkan, mencegah dan menjaga kestabilan kolesterol dalam tubuh, hal pertama yang kita lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang banyak berasal dari sumber produk hewani.
Penyakit kolesterol membawa dampak buruk bagi tubuh dan menjadi salah satu media penghantar dari timbulnya penyakit lain seperti diabetes mellitus, hipertensi, serangan jantung, stroke dan penyempitan pembuluh darah.
Ada beberapa tips untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, diantaranya adalah
1. Makan havermurt disaat sarapan pagi dapat menurunkan kolesterol tinggi.
2. Diperbolehkan konsumsi telur namun hanya bagian putih telur saja yang boleh dikonsumsi.
3. Susu rendah lemak
4. Diperbolehkan pula mengkonsumsi daging tanpa kulit.
5. Mengubah cara masak yang tadinya menggunakan minyak goreng diganti dengan minyak zaitun atau dengan cara direbus.
Jenis makanan yang wajib dihindari sebagai salah satu upaya untuk menurunkan kolesterol, seperti :
1. Goreng-gorengan dan Mentega. Ganti minyak goreng dengan minyak zaitun atau minyak canola.
2. Gajih sapi, gajih kambing daging, dan sapi berlemak.
3. Susu yang berlemak tinggi, sosis dan Keju
4. Kerang, kepiting, Udang, belut dan siput perlu dihindari.
5. Kuning telur
6. Cumi-cumi
7. Telur puyuh
8. Otak sapi
Selain dengan cara menjaga pola makan sehat, olahraga teratur juga dianjurkan penderita kolesterol tinggi. Olahraga yang cocok bagi penderita kolesterol tinggi adalah olahraga yang berhubungan dengan kardio seperti aerobic, lari ringan dan treadmill seminggu 3-5 kali. Tidak merokok dan menghindari minum alkohol juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol Jahat LDL

Lemak ada yang disebut kolesterol dan trogliserida. Kolesterol ada dua macam, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat LDL akan mengangkut lemak-lemak untuk dibawa ke hati, kemudian dijadikan garam empedu. Berbeda dengan HDl, nilai kolesterol LDL (Low density lipoprotein) harus rendah (<100 mg/dl atau < mg/dl, tergantung standar dari baloratorium). Trigliserida harus <150 mg/dl. Kenaikan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) akan diendapkan di dalam pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner dan stroke. Jika kadar troigliserida  tinggi, kurangi buah yang rasanya manis atau untuk sementara hentikan konsumsi jus buah. Selain itu, lakukan olahraga teratur.
Buah dan sayuran yang baik untuk penderita kolesterol jahat LDL yang tinggi :
Buah : apel, kesemek, avokad, anggur, belimbing,bengkuang jeruk, melon, semangka, pisang, jambu biji, sawo, dan pace.
Sayur : bayam, kembang kol, bit, seledri, buncis, tomat, kedelai, belimbing wuluh dan wortel.
Serat yang laeut dalam air memiliki manfaat lain disamping menurunkan kolesterol jahat ldl yaitu dapat mengurangi keperluan insulin. Karena itu bermanfaat bagi orang diabetes dalam mengatur gula darah.   Diit dengan kadar tinggi akan serat dan karbohidrat menurunkan keperluan insulin antara 20-25%. Dengan cara diatas dapat mengehentikan penggunaan obat dari 90% pasien diabetes mellitus golongan 2. Arti lain yang lebih penting adalah makan oat bran mengakibatkan seseorang tidak cepat merasa lapar.
kolesterol
Orang tua zaman dulu menganggap bawang putih sebagai makanan dan sekaligus obat. Orang Mesir menggunakannya untuk mengobati sakit usus dan perut, orang Cina menggunakannya untuk melegakan pernapasan dan sakit dada. Karena mempunyai sifat mengurangi keracunan bawang putih merupakan pembersih dan pencair darah. Beberapa penelitian telah menujukkan bahwa bawang putih terbukti dalam percobaan ini menurunkan kolesterol yang jahat dan menaikkan kolesterol yang baik, dan juga mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah
Terapi spesifik untuk penurunan kolesterol mencakup modifikasi makanan, resin yang dimakan untuk sekuestrasi asam-asam empedua di usus untuk mencegah penyerapan kolesterol, dan obat-obat yang menghambat sintetis kolesterol intrasel. Pemantauan keefektifan terapi dalam menurunkan kolesterol harus dilakukan cukup dini untuk memberikan umpan-balik positif kepada pasien setelah mereka memulai terapi, tetapi juga harus cukup lama untuk mendeteksi adanya perubahan kadar kolesterol yang seyogyanya terjadi dalam 4 sampai 6 minggu. Pengukuran-pengukuran tersebut harus didahului oleh 3 hari diet rutin dan puasa 12 sampau 14 jam sebelum pengambilan darah. Pasien dirumah sakit biasanya mengalami perubahan besar dalam diet mereka ditambah terapi cairan intravena, kedua hal ini dapat mengubah kadar kolesterol secara bermakna dalam beberapa hari sehingga manfaat pemeriksaan kolesterol  yang jahat dan tinggi dalam menilai resiko penyakit jantung menjadi bekurang.

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat

Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika kadarnya dalam darah lebih dari 200mg/dl setelah minimal 10 jam puasa, kolesterol malah menjadi penyebab berbagai penyakit. Koleseterol malah menjadi penyebab berbagai penyakit. Koleserol adalah salah satu jenis lemak dalam tubuh yang berguna untuk pembentukan sel dan berbagai hormon. Dengan demikian, kolesterol sangat dibutuhkan tubuh agar kita bisa hidup sehat atau normal.
kolesterolsiklus-kolesterolGambaran : Siklus terjadinya kolesterol
Menurut staf Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Suharti K.S., Sp.FK., bahwa tanpa kolesterol seseorang tidak dapat hidup, tapi jika jumlah kadarnya tinggi di atas 200 mg/dl, disini kolesterol bukan lagi berguna, tetapi menjadi penyebab berbagai penyakit. Dan apabila tidak ditangggulanfi bisa membahayakan nyawa penderita.
Sedangkan menuru dr. Samsuridjal, peningkatan kadar kolesterol berisiko untuk terjadinya arterioklerosis (pengerasan pembuluh darah). Proses arteriosklerosis juga dipengaruhi usia, umumnya usia diatas 50 tahun mudah terjadi. Karena itu, pada usia ini tingkat kepedulian pada kesehatan harus lebih tinggi dan serius.
Secaa klinis, kadar kolesterol digunakan sebagai ukuran walaupun berdasarkan patolfisologi yang paling berpran sebagai faktor risiko penyakit jantung koroner adalah kolesterol LDL. Kadar kolestero toal penelitian bisa menggambarkan kolesterol total dan kolesterol LDL. Kadar yang diharapkan tentunya di bawah 200 mg/dl. Sebab, jika diatas itu, jadi kolesterol berlebih (hyperchlosterolemia). Untuk menurunkan kolesterol dengan mengamalkan gaya hidup sehat. Yaitu, mengurangi konsumsi makanan berlemak yang sehari-hari kita makan, antara lain makanan atau kue-kue yang terbuat dari keju, mentega, daging dan susu.
Langkah–langkah lain yang perlu kita lakukan untuk mencegah dan menurunkan kolesterol, adalah :
  1. Mempertahankan pola makan sehari-hari yang seha dan seimbang. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah karena serat-serat makanan bisa mengurangi penyerapan lemak di usus halus. Selain itu, kita harus membatasi konsumsi makanan tinggi lemak.
  2. Melakukan kegiatan jasmani yang cukup sesuai dengan berat badan yang ideal.
  3. Mempertahankan berat badan agar sesuai dengan berat badan ideal
  4. Tidak merokok
  5. Kita perlu mewaspadai kadar glukosa darah karena faktor keturunan
Pegobatan penderita dengan kolesterol tinggi disebut juga dengan istilah displipidemia tidaklah perlu cepat-cepat menggunakan obat penurun kolesterol, selama 3-6 bulan bisa diupayakan perencanaan makanan, latihan jasmani sedangkan bagi yang menderita diabetes dilakukan pengendalian glukosa.

Cara Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Ada mitos mengenai kolesterol yang menyatakan bahwa agar sehat kadar kolesterol dalam darah haruslah nol. Sebenarnya, tanpa kolesterol orang akan mati karena kolesterol memang dibutuhkan untuk kehidupan. Bahkan tanpa kolesterol, testosteron dan estrogen tidak akan bisa dihasilkan sehingga orang tidak akan mungkin menghasilkan keturunan. Selain itu, tanpa kolesterol usus tidak akan dapat mencerna makanan, dan sel-sel tubuh pun tidak bisa membuat lapisan penutup yang dikenal sebagai membran plasma. Oleh karena itu, kolesterol tidak bisa disebut tidak baik. Kolesterol hanya menjadi tidak baik jika kadarnya berlebihan, yang elanjutnya bisa mengendap dalam tempat berbahaya seperti dinding arteri. Hal yang harus dilakukan jika masalah ini sudah terjadi adalah cara menurunkan kolesterol dalam darah.
Kebanyakan kolesterol yang mengalir dalam darah dibuat dalam hati, sementara minoritasnya datang darimakanan. Makanan tertentu selain mengandung kolesterol juga mengandung lemak jenug dan lemak trans. Kenyataannya, lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan lebih meningkarkan kadar kolesterol darah dibandingkan kolesterol yang ada dalam makanan tersebut. Karena itu, upayakan cara menurunkan kolesterol dalam darah sengan cara mengurangi konsumsi lemak jenug dan lemak trans serta mengimbanginya dengan berolahraga secara rutin.
kolesterol
Cara menurunkan kolesterol dalam darah adalah dengan mengonsumsi vitamin E.Kolesterol secara langsung dipengaruhi oleh diet seseorang. Mengetahui kadar kolesterol darah dapat digunakan sebagai pendorong dan penuntun untuk memperbaiki diet sehari-hari. Adapun upaya menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida secara alamiah dapat dilakukan dengan cara :
  1. Membatasi kolesterol dengan ketat. Kurangi semua produk hewani, seperti daging, sosis, kuning telur, hati, dan produk susus. Bila menggunakan produk ikan/unggas sebaiknya gunaka sekali-sekali saja.
  2. Mengurangi semua lemak jenuh, terutama dengan menghindari produk hewan.
  3. Capailah berat badan yang ideal
  4. Makanlah banyak sayur-sayuran dan buah-buahan yang alamiah.
  5. Berjalan kaki setiap hari.
  6. Konsultasikan dengan dokter. Bila mungkin, gantilah obat diuretik dan bila perlu gunakanlah obat penurun kolesterol.
Buah belimbing adalah buang yang bentuk irisannya seperti bintang ini mengandung protein, kalsium, fosfor, dan besi. Kandungan vitamin A, B1, dan C membuat belimbing berkhasiat yang hampir sama dengan buah-buahan lain. Selain itu, belimbing juga mengandung sedikit lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker. Di dinding sel belimbing terdapat pektin, sehingga dapat dibuat jeli. kemampuan pembentukan gel ini mempunyai pengaruh dalam menurunkan kolesterol. Dalam hal ini, pektin mengikat kolesterol dan asam empedu di dalam usus serta mendorong pengeluarannya.

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat

Sudah diketahui banyak orang, kelebihan kolesterol bisa mengakibatkan penyakit mematikan, seperti penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke. Data menunjukkan PJK menduduki peringkat pertama penyebab kematian di dunia, termasuk Indonesia. Kadar kolesterol merupakan salah satu indikator yang paling baik untuk menentukan seseorang berpotensi terkena PJK atau tidak.
Hampir sama mekanismenya dengan PJK, stroke juga bisa terjadi karena penyumbatan pembuluh darah arteri. Pembuluh darah menjadi sempit sehingga menghambat aliran darah. Padahal, otak sangat tergantung pada pasokan darah yang berkesinambungan.
Namun, ada hal yang melegakan dari segala masalah yang menyangkut kolesterol. Penyakit yang diakibatkannya tergolong dapat dicegah. Terbukti juga bahwa pencegahan jangka panjang membawa hasil yang menggembirakan. Berikut ini upaya untuk mencegah aksi kolesterol sebelum merambat ke PJk dan stroke.
1. Hindari makanan berkolesterol tinggi
Cara ini adalah upaya pertama untuk mencegah terjadinya kelebihan kolesterol. Perbanyak pangan nabati daripada hewani karena sumber kolesterol ada pada pangan hewani. Berikut ini contoh pangan hewani yang menjadi sumber kolesterol
- Kuning telur
- Cumi-cumi
- Otak sapi
- Otak dan kaki babi
- Telur burung puyuh
- Jeroan sapi, kambing dan babi
- Gajih
- Kerang putih (tiram)
- Mentega dan margarin
- Kepiting
2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Kedua bahan makanan ini memang banyak diketahui mampu menurunkan kdaar kolesterol “jahat” yang berlebihan dan meningkatkan HDL. Mengapa? Ini disebabkan sayur dan buah mengandung serat makanan, antioksidan dan nutrisi lain.
Antioksidan yang tedapat di sayur dan buah meliputi betakaroten (pro vitamin A), vitamin C, dan vitamin E. Peneliti di University of Western Ontario membukitkan bahwa konsumsi tiga gelas jus jeruk sehari meningkatkan HDL sampai 21 mg % atau 10-20 poin dalam wktu empat minggu.
3. Jaga kestabilan tekanan darah
Hipertensi atau tekaan darah tinggi mempercepat pengerasan arteri yang menjadi penyebab utama terjadinya ateriosklerosis. Oleh karena itu, selalu kontrol tekanan darah Anda pada kondisi normal.
Tekanan sistolik (tekanan bawah) lebih dapat diandalkan untuk melihat kecenderungan terjadinya aterosklerosis dibandingkan tekanan diastolik (tekanan atas). Jaga tekanan sistolik selalu di bawah 140 mmHg dan tekanan diastolik dibawah 90mmHg.
4. Turunkan berat badan
Orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki kadar kolesterol dan lemak yang tinggi dan kadar HDL yang rendah. Kelebihan berat badan juga memicu timbulnya tekanan darah tinggi dan diabetes. Kedua penyakit ini juga memicu terjadinya aterosklerosis.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Sebenarnya kolesterol adalah bagian dari lemak yang disebut Lipid Plasma. Bersama-sama dengan tirgliserid, fosfolipid, dan asam lemak bebas, kolesterol merupakan unsur utama dari lipid plasma.
Fungsi kolesterol adalah untuk mengsintesis (membuat) membran sel, mengubah fluiditas sel dan mengsintseis hormon steroid dan asam empedu. Sedangkan trigliserid adlah sumber energi utaa dalam tubuh manusia.
Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika kadarnya dalam darah lebih dari 200 mg/dl setelah minimal 10 jam puasa, kolesterol malah menjadi penyebab berbagai penyakit. Kolesterol adalah salah satu jenis lemak dalam tubuh yang berguna untuk pembentukan sel dan berbagai hormon. dengan demikian, kolesterol sangat dibutuhkan tubuh agar kita bisa hidup sehat atau normal.
Jika dengan perencanaan berpuasa, olahraga dan tindakan lain untuk menurunkan kolesterol masih belum mencapai sasaran, maka pemberian obat untuk penurunan kadar kolesterol bisa dimulai. Ada beberapa tips praktis dalam upaya menurunkan kadar kolesterol, yaitu :
1. Makan daging maksimum 3-4 kali/seminggu dan tiap kali makan tidak lebih 100 gram
2. Makan kuning telur tidak lebih dari 1-5 butir seminggu
3. Menghindari makan otak, hati, usus, ginjal dan babat dari unsur hewani
4. Menghindari makan kue-kue yang terbuat dari susu, kuning telur dan mentega.
5. Makan ikan dan ayam sebagai pengganti daging dan telur
6. Lebih banyak makan kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tahu dan tempe
7. Makan banyak sayuran dan buah-buaha yang mengandung serat karena dapat menurunkan kadar kolesterol.
8. Mengganti minyak kelapa dengan minyak jagung, minyak kacang, atau biji kapas
9. Membatasi mengkonsumsi makanan dari kelapa (santan), margarin, sate kambing, lemak sapi dsb
10. Makanan dianjurkan untuk diolah dengan cara di kukus, dipanggang (ayam, ikan dsb), ditumis dan direbus
11. Mengurangi makanan yang menjadi sumber karbohidrat seperti nasi, bihun, havermut, jagung giling, makroni, mie basah, roti putih, talas, jagung, terigu, singkong dsb.

Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida

Tidak dipungkiri lagi bahwa kolesterol tinggi merupakan salah satu dari penyakit yang beresiko menyebabkan kematian. Kolesterol yang menumpuk bisa mencemari pembuluh darah, menyebabkan plak, dan akhirnya menyumbat pembuluh darah. Apa yang terjadi bila aliran darah tersumbat. Organ tubuh kita mendadak menjadi mogok apalagi bila yang mogok adalah organ vital, seperti jantung dan otak, tentu saja nyawa menjadi terancam.
Kadar kolesterol dapat diturunkan dengan cara alami, yaitu dengan cara menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Makanan yang kita makan sangat mempengaruhi kadar kolesterol didalam tubuh kita.
Yang perlu diperhatikan adalah kita harus menurunkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat serta trigliserida yang menyebabkan plak dipembuluh darah dengan cara mengurangi asupan lemak jenuh dan menaikkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.
Lemak jenuh biasanya ditemukan di produk hewani misalnya daging, susu, krim, mentega, dan keju. Sedangkan lemak jenuh yang berasal dari nabati misalnya santan, minyak kelapa.
Hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol :
- Perbanyak makanan yang mengadung Omega-3 karena OMEGA-3 mencegah penggumpalan di pembuluh darah. Sumber OMEGA-3 bisa didapat dari, misalnya : ikan salmon, ikan teri, ikan marlin, ikan kakap, ikan tuna, ikan lemuru. Cara memasaknya dapat direbus, disayur atau dipepes.
- Perbanyak makanan yang mengandung B3 atau niasin, karena niasin akan menurunkan kolesterol dan mencegah penggumpalan darah. Niasin terdapat didalam kulit beras, kacang tanah, tahu, tempe, ragi.
- Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat juga sangat bagus dalam menurunkan kadar kolesterol karena serat akan menghambat penyerapan kolsterol. Misalnya bubur gandum, beras merah, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan.
- Konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, karena antioksidan akan mencegah oksidasi LDL yang akan bergerak di pembuluh darah. Makanan yang mengandung antioksidan terdapat didalam makanan yang mengandung selenium, dan vitamin C, vitamin E.
- Perbanyak aktifitas fisik seperti olahraga teratur 3 kali seminggu, misalnya engan berjalan kaki tiap hari 30-40 menit dipagi hari.
- Jaga berat badan tubuh , apabila anda termasuk orang yang gemuk maka turunkan berat badan anda ke posisi berat badan ideal.
Makanan yang harus dihindari dan dibatasi adalah :
1. Makanan yang banyak mengandung kolesterol misalnya telur puyuh, babat, kulit, gajih, kikil, jeroan, dll.
2. Makanan yang harus dibatasi misalnya mentega, margarin, kuning telur ayam/ bebek, seafood, ikan belut, keju, santan, minyak kelapa sawit, susu full cream, gula pasir, soft drink, madu, sirup, selai, dll.
Dengan menghindari dan membatasi makan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi serta banyak makan-makanan yang membantu menurunkan kolesterol maka anda telah menjaga aset yang paling berharga dalam hidup anda yaitu kesehatan.

Tanda dan Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan lemak atau lipid yang dihasilkan oleh organ hati yang memiliki fungsi yang cukup penting pada tubuh. Kolesterol terletak hampir di semua bagian tubuh seperti di otak, sistem syaraf, otot, kulit, hati , usus, dan jantung. Fungsi normal dari kolesterol ini berfungsi sebagai pembentuk sel membran, menyaring setiap molekul yang masuk dan keluar dari dalam sel, sebagai kolesterol yang membantu memproduksi hormon-hormon tubuh seperti hormon seksual, dan membantu memproduksi empedu.
Apabila kolesterol dalam darah seseorang meningkat menjadi kolesterol tinggi, kelebihan kolesterol akan disimpan di arteri seperti pada arteri jantung, pembuluh darah di otak, dan arteri yang memasok darah ke tangan maupun kaki. Sebenarnya kolesterol tinggi bukanlah suatu penyakit namun sebagai penghantar dari suatu penyakit sehingga tubuh lebih rentan terserang penyakit karena adanya kadar kolesterol yang meningkat dalam darah.
Kelebihan kolesterol ini mengakibatkan penyumbatan dan penyempitan pada pembuluh darah seperti penyumbatan arteri di kaki menyebabkan klaudikasio (nyeri saat berjalan kaki) karena penyakit arteri perifer. Penyumbatan arteri carotid dapat menyebabkan stroke, dan penyumbatan arteri koroner menyebabkan angina (nyeri dada) dan serangan jantung.
Kandungan kolesterol dalam tubuh dapat diukur melalui tes darah. Jika dari hasil tes darah selesai makan kadar kolesterol akan diketahui dengan rincian sebagai berikut :
Total Kolesterol :
- Kadar kolesterol normal, jika kolesterol kurang dari atau sama dengan 200 mg/dL.
- Kadar kolesterol beresiko tinggi, jika kolesterol berada pada 200-239 mg/dL.
- Kadar kolesterol yang memiliki resiko tinggi atau berbahaya, jika kolesterol berada lebih dari 240 mg/dL.
Seseorang yang mengalami atau terserang kolesterol umumnya tidak menimbulkan atau menunjukkan gejala yang signifikan atau secara khusus tidak terlihat. Namun beberapa orang diantaranya yang mengalami atau menderita kolesterol tinggi akan sering mengalami keluhan seperti sering merasa cepat lelah, sering capek, sakit kepala di bagian tengkuk leher belakang, pegal-pegal dan nyeri di bagian kaki yang terkadang sulit digerakkan.

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Penyakit kolesterol yang tidak menimbulkan atau menunjukkan gejala yang signifikan memuat kita harus selalu berhati-hati terhadap serangan kolesterol yang datang mendadak. Ketiadaan gejala membuat kita harus selalu waspada dengan melakukan tes kadar kolesterol teratur. Dokter menyarankan agar setelah usia 20 tahun, kita melakukan tes kolesterol minimal 5 tahun. Tes dapat dilakukan dilaboratorium atau dilakukan sendiri dengan menggunakan pengukur kolesterol.
Penyakit kolesterol yang terlambat terdeteksi atau ditangani akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan membawa penyakit lainnya mudah hinggap sehingga keadaan semakin memburuk, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, hiperlipidemia.
Kolesterol yang tinggi memang sangat berbahaya, menurut Dr. Fiastuti Witjaksono mengatakan bahwa apabila ingin tetap berada dalam kadar yang normal, kita memerlukan beberapa langkah untuk mencegah dan mengendalikan kolesterol. Beberapa langkahnya anatara lain :
1. Mengonsumsi makanan seimbang
a. Makanan seimbang terdiri dari :
- 60 % kalori berasal dari karbohidrat, contoh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yakni nasi, kue, snack, mie, roti, dsb.
- 15 % kalori berasal dari protein. Contoh makanan yang mengandung protein hewani tinggi yakni daging, ikan, udang, putih telur. Makanan yang mengandung protein nabati tinggi seperti tahu, tempe, kacang-kacangan.
- 25 % kalori berasal dari lemak.
- Kalori lemak jenuh tidak boleh lebih dari 10 %
2. Menurunkan asupan makanan yang mengandung lemak jenuh
a. Lemak jenuh, terutama berasal dari minyak kelapa, sanatan, minyak jagung, minyak kedelai, dan lain-lain yang mendapat pemanasan tinggi atau dipanaskan berulang-ulang.
b. Kelebihan lemak jenuh akan menyebabkan peningkatkan kadar LDL.
3. Menjaga kuantitas dan kualitas lemak jenuh
a. Minyak tidak jenuh terutama didapatkan pada ikan laut, minyak sayur, dan minyak zaitun yang tidak dipanaskan dengan pemanasan tinggi atau tidak dipanaskan secara berulang-ulang.
b. Asupan lemak tidak jenuh ini dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan mencegah terbentuknya endapan pada pembuluh darah.
4. Menurunkan asupan kolesterol
Kolesterol terutama banyak ditemukan pada lemak dari hewan, seperti  : jeroan, kuning telur, serta seafood (kecuali ikan).
5. Mengkonsumsi buah-buahan yang dapat menurunkan kolesterol atau menjaga kadar kolesterol tetap normal.
Banyak jenis buah-buahan yang dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol dalam menurunkan kadar kolesterol atau ingin menjaga kolesterol tetap dalam keadaan normal, seperti apel dan pir dengan mencuci bersih seluruh permukaan buah tersebut, buah apel atau pir dalam langsung dimakan beserta kulitnya. Adapula jenis buah lainnya yang dapat dijadikan sebagai buah penurun kolesterol seperti mangga, jeruk nipis, dan alpukat.
Pengolahannya dapat dibuat jus sesuai selera untuk buah alpukat sebaiknya dicampur dengan beberapa jenis buah atau sayuran lainnya karena alpukat memiliki tingkat kalori yang cukup tinggi.
Sumber  : http://caramenurunkankolesterol.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar