Jumat, 14 Desember 2012

Jangan Sepelekan, Migrain Bisa Jadi 'Alarm Bahaya' Tubuh

Migrain atau sakit kepala sebelah seringkali dianggap remeh oleh masyarakat. Padahal migrain ini juga bisa menjadi tanda ada sesuatu yang serius di dalam tubuh. Kapan sinyal tersebut patut diketahui?

Migrain adalah sakit kepala berdenyut yang seringkali terjadi hanya pada satu sisi kepala saja. Namun gejala yang muncul bisa bervariasi pada masing-masing orang dan kadang tidak sama antara satu serangan dengan serangan berikutnya.

Biasanya jika orang sudah terbiasa migrain, ia tidak menyadari apabila gejalanya makin memburuk. Jika diamati, perubahan pola atau sakit kepala yang terasa berbeda bisa menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius.

Jika mengalami salah satu dari gejala berikut ini, bisa jadi migrain yang dirasakan sudah serius, sebaiknya segera hubungi dokter, seperti dikutip dariCNNHealth, Kamis (13/12/2012) yaitu:

1. Sakit kepala yang datang secara tiba-tiba (kadang digambarkan seperti petir yang menyambar) dan berbeda dari migrain biasanya, bahkan kadang terasa seperti serangan migrain terburuk yang pernah dirasakan.

2. Migrain dan sakit kepala disertai dengan demam, leher terasa kaku, adanya ruam di kulit, kebingungan, penglihatan menjadi ganda, mati rasa di bagian tubuh atau kesulitan bicara.

3. Migrain yang dialami berhubungan dengan kejang-kejang.

4. Migrain yang terjadi setelah mengalami sakit tenggorokan atau penyakit pernapasan lain. Selama musim dingin dan flu yang mana sakit tenggorokan umum terjadi, migrain kadang lebih sering kambuh. Tanda peringatan biasanya ketika sakit tenggorokan hilang, tapi datang demam, leher kaku atau sakit kepala yang parah.

5. Migrain yang muncul setelah mengalami cedera kepala, terutama jika migrain ini terus memburuk dan intensitasnya makin sering.

6. Migrain kronis yang memburuk dan dipicu saat tubuh mengeluarkan tenaga berlebih seperti ketika batuk atau pindah tempat secara tiba-tiba.

7. Migrain yang terasa asing setelah berusia lebih dari 50 tahun.

8. Nyeri migrain yang hampir membutuhkan obat sehari-hari.



Sumber : Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar